Cara Ternak Bebek Petelur yang Menguntungkan

Cara Ternak Bebek Petelur yang Menguntungkan

Di era modern seperti saat ini ternyata usaha dibidang peternakan unggas masih populer di kalangan masyarakat. Salah satu alasan yang membuat usaha ini tetap berjalan adalah mampu mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Salah satu usaha di bidang peternakan yang masih banyak dijalankan yaitu menjalankan ternak bebek petelur.

Peternakan bebek ini memang dibudidayakan untuk diambil telurnya kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Telur bebek selalu laku di pasaran karena untuk memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu telur bebek selalu banyak peminatnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan lain. Sehingga apabila anda tertarik untuk menjalankan usaha ini maka bisa mendatangkan untung yang besar.

Banyak orang memilih untuk ternak bebek karena proses perawatannya lebih mudah dibandingkan dengan memelihara ayam. Hal ini disebabkan bebek memiliki imunitas yang lebih kuat dibandingkan dengan ayam. Sehingga banyak orang lebih memilih untuk menjalankan bisnis bebek petelur.

Cara Mudah Menjalankan Bisnis Ternak Bebek Petelur

Cara Ternak Bebek Petelur yang Menguntungkan

Bagi anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis ini maka anda tidak perlu bingung. Mengingat pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjalankan bisnis bebek petelur. Tentunya dengan tata cara yang benar maka hasilnya juga sangat menjanjikan. Penasaran? Silahkan simak pembahasan berikut ini:

  • Menyiapkan kandang bebek

Apabila anda ingin memulai menjalankan bisnis ini maka anda perlu menyiapkan kandang bebek. Kandang ini memang menjadi kebutuhan utama agar ternak bebek anda bisa berjalan dengan baik. Sebagai alasnya anda bisa menggunakan sekam agar bebek lebih mudah untuk bertelur.

Dalam menyiapkan kandang ini anda harus memastikan keamanan lokasi dan kenyamanan bebek. Lokasi ini juga sangat penting pastikan jauh dari keramaian agar bebek tidak stres. Selain itu jauhkan dari pemukiman agar limbah atau kotorannya tidak mengganggu warga.

  • Menyediakan berbagai peralatan untuk beternak bebek

Ketika anda sudah mempersiapkan kandang maka langkah selanjutnya anda juga perlu menyiapkan berbagai peralatannya. Peralatan yang digunakan ini seperti tempat untuk makan dan minum bebek serta tempat untuk bertelur bebek. Pastikan bebek memiliki tempat makan dan minum sendiri-sendiri agar asupan pakan dan minumnya tetap terjaga.

Selain itu anda juga perli mengendalikan suhu dan kelembaban kandang agar bebek yang ada di dalamnya tetap nyaman dan tidak stres. Tentunya dengan memiliki kandang yang nyaman produksi telur juga lebih maksimal.

Bebek petelur membutuhkan yang namanya pencahayaan yang cukup agar sirkulasi udara lebih lancar. Kemudian untuk malam hari anda perlu menambah satu pencahayaan dari lampu sebagai penerangan dan membuat suhu kandang tetap hangat.

  • Tahap pembibitan bebek

Setelah semuanya siap, kini saatnya anda menyiapkan bibit-bibit bebek petelur yang bagus dan berkualitas. Tentunya dengan memilih bibit bebek petelur yang terbaik maka bisa membuat bebek nantinya bisa menghasilkan banyak telur yang bagus. Bibit yang bagus tidak memiliki cacat fisik dan kondisinya sehat.

Bibit bebek petelur yang bagus memiliki ukuran tubuh yang normal, untuk usia bebek jantan 20 hari memiliki berat ideal 1,6 kg. Sementara bebek betina umur 20 hari beratnya sekitar 1,4 kg. Bibit telur yang bagus bulunya cepat tumbuh dalam usia 14 hari.

  • Menyiapkan pakan bebek petelur

Ketika kandang sudah siap, bibit bebek sudah siap maka yang perlu anda persiapkan adalah ketersediaan pakan. Apabila anda ingin bebek anda bisa hidup sehat dan tetap produktif dalam menghasilkan telur maka anda harus memperhatikan asupan nutrisinya. Pakan yang biasanya digunakan untuk bebek petelur seperti jagung, gandum, bekatul, dan sentrat. Selain itu anda juga bisa menambahkan beberapa pakan yang bisa mendukung asupan pakan di masa pertumbuhan.

  • Proses perawatan bebek

Menjalankan usaha ternak bebek petelur memang dirasa gampang-gampang susah. Sehingga dibutuhkan langkah-langkah yang tepat agar hasilnya maksimal. Langkah pertama melakukan pemberian vitamin dan obat. Hal ini bertujuan agar bebek tetap dalam kondisi sehat. Kalau bebek anda dalam kondisi yang kurang sehat maka produksi telur juga akan menurun. Tentu ini akan membuat anda rugi.

Agar tidak terjadi hal tersebut maka anda bisa memberikan vitamin untuk menambah nafsu makan. Selain itu anda juga bisa melakukan vaksinasi agar tidak ada serangan penyakit pada bebek.

Agar bebek tetap dalam kondisi sehat maka anda perlu memperhatikan kondisi kebersihan kandang. Pastikan kandang bebek petelur selalu dalam kondisi bersih dan tetap kering. Tentunya hal ini perlu dilakukan perawatan kandang secara rutin agar tidak ada penyakit yang menyerang bebek.

  • Masa panen dan pemasaran telur bebek

Bebek akan bertelur ketika sudah berusia sekitar 5 bulan. Biasanya bebek akan bertelur pada pagi hari sehingga anda pun bisa mengambilnya setiap hari. Ketika panen anda bisa memasarkannya secara konvensional atau bisa memasarkan secara online. Tentunya dengan begitu anda bisa mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjalankan usaha bebek petelur. Apabila anda bisa menjalankan beberapa cara diatas maka bebek anda akan tetap sehat dan bisa menghasilkan banyak telur, untuk lebih mudahnya anda bisa ikuti beberapa cara yang terdapat di situs singapore prize, beberapa tips dan trik untuk dapat menghasilkan suatu budidaya yang bisa menguntungkan bagi setiap orang. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda dalam menjalankan usaha ternak bebek petelur.