Produk pengolahan Jagung Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Produk pengolahan Jagung Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk kesehatan. Ada beragam manfaat yang dapat diperoleh oleh tubuh ketika mengkonsumsi jagung ini. Bahkan kandungan gizi yang ada dalam jagung ini dapat di konsumsi oleh penderita diabetes. Nutrisi yang terkandung dalam jagung seperti contohnya yaitu protein, serat, karbohidrat, serta sejumlah mineral dan vitamin yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh.

Vitamin yang terdapat dalam jagung yaitu vitamin C, vitamin A, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang terdapat dalam jagung ada beragam seperti contohnya yaitu zat besi, fosfor, magnesium, mangan, kalsium, dan yang lainnya.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan

Produk pengolahan Jagung Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah beberapa contoh manfaat jagung yang bisa didapatkan untuk tubuh:

1. Mengatasi konstipasi

Manfaat jagung untuk kesehatan yang pertama yaitu untuk mengatasi konstipasi. Konstipasi sendiri merupakan nama lain dari sembelit. Ketika mengalami sembelit makanan yang harus banyak dikonsumsi yaitu makanan yang mengandung serat. Salah satu produk makanan yang disarankan yaitu jagung. Dengan mengkonsumsi berbagai macam produk olahan jagung dapat menjadi obat pencahar alami yang baik untuk mengatasi gangguan sembelit. Beberapa contoh olahan jagung yang direkomendasikan untuk mengatasi sembelit yaitu popcron atau berondong jagung. Namun dalam mengkonsumsi popcron atau berondong jagung ada baiknya tidak menggunakan tambahan seperti garam atau mentega.

2. Menurunkan risiko diabetes dan dapat mengontrol kadar gula darah

Manfaat yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan risiko diabetes dan mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Bagi para penderita diabetes ada baiknya mereka dapat memilih makanan dengan sumber karbohidrat yang rendah. Karena makanan yang mengandung karbohidrat sendiri dapat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu produk yang dapat dikonsumsi para penderita diabetes yaitu jagung. Karena jagung sendiri merupakan sumber karbohidrat yang sehat.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat yang ketiga yaitu untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan protein dapat menghindari lemak jahat. Sedangkan lemak jahat sendiri merupakan faktor utama yang dapat menjadi penyebab kesehatan jantung terganggu. Mengkonsumsi jagung dan kacang-kacangan untuk menggantikan nasi sehingga resiko terkena penyakit jantung menjadi lebih menurun.

Hasil Pengolahan Jagung Yang Baik Untuk Kesehatan

pengolahan jagung

A. Susu Jagung

Hasil pengolahan jagung yang pertama yaitu pembuatan susu jagung. Susu jagung sendiri merupakan salah satu makanan yang terbuat dari bahan baku jagung setelah diambil ekstrak serta diambil susunya. Susu jagung sendiri termasuk dalam kategori susu nabati dalam proses pembuatannya sendiri bahan serta alat yang digunakan cukup mudah untuk didapatkan. Mulai dari blender, baskom, penyaring, pisau, panci, dan timbangan. Sedangkan untuk bahan-bahannya sendiri yaitu menggunakan air, gula, cmc, perisa, skim milk ,dan jagung.

Untuk proses pembuatannya sendiri yaitu:

Cara pembuatan :

1. Blender jagung yang sudah dipipil menggunakan blender. Jika sudah diblender maka saring agar menghasilkan Sari jagung.

2. Siapkan air kemudian rebus dengan suhu stabil dan konstan.  Masukkan sari jagung tersebut ke dalam rebusan air. Namun sisakan sari jagung yang belum dimasukkan ke dalam air. Pastikan bahwa suhu tetap terjaga dengan konstan.

3. Sari jagung yang sebelumnya sudah disisihkan Kemudian ditambahkan dan dicampur dengan skim susu dan CMC. Campur dengan cara diblender kemudian masukkan ke dalam rebusan sari jagung.

4. Masukkan perisai yang sudah disiapkan serta gula.

5. Jika sudah maka susu jagung tersebut didinginkan dan siap untuk dikonsumsi.

6. Mengkonsumsi susu jagung ini tentu banyak manfaatnya. Selain itu ini bisa menjadi salah satu solusi jika tidak menyukai susu yang berasal dari hewan.

B. Mi jagung

Hasil pengolahan jagung yang selanjutnya yaitu mie jagung. Tentu produk ini sangatlah bermanfaat dan memiliki banyak kandungan gizi. Bisa menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan mie instan. Untuk alat-alat yang digunakan sendiri cukup mudah untuk didapatkan seperti panci, kompor, mesin penggiling, baskom plastik, dan peniris. Sedangkan untuk bahan-bahannya yaitu terdiri dari minyak sayur, garam, tepung jagung, tepung terigu sudah dan STP.

Proses pembuatan mie jagung adalah sebagai berikut:

1.  campur bahan-bahan air tepung jagung tepung terigu garam soda serta STP. Campur bahan-bahan tersebut sampai menjadi kalis atau elastis.

 2. Cetak adonan yang sudah dicampur tersebut menjadi bentuk lembaran dengan menggunakan alat penggilas atau penggilingan untuk selanjutnya dibentuk menjadi mie. Pada proses yang pertama ada baiknya menggunakan mesin yang besar. Lakukan proses tersebut secara berulang kali untuk mendapatkan adonan yang kenyal dan homogen. Untuk proses yang selanjutnya bisa menggunakan mesin yang lebih kecil. Salah satu tips yang bisa anda gunakan yaitu menaburi adonan menggunakan tepung tapioka. Tujuan agar adonan tidak lengket.

3. Langkah yang selanjutnya yaitu mencetak adonan tersebut menjadi untaian mie.

4. Setelah adonan sudah tercetak dengan baik maka rebus menggunakan air yang sebelumnya sudah diberi minyak sayur.

Itulah beberapa contoh produk dari pengolahan jagung. Proses pembuatannya juga tidak sulit untuk dilakukan. Bahan serta alat yang dibutuhkan juga tidak membutuhkan banyak biaya. Selain itu hasil produknya juga kaya akan manfaat.