Tahapan Pengolahan Padi Menjadi Nasi

Tahapan Pengolahan Padi Menjadi Nasi

Nasi merupakan bahan pangan utama bagi masyarakat Indonesia. Sebelum menjadi nasi yang berada di atas meja, bahan tersebut telah melalui banyak tahapan mulai dari pengolahan padi menjadi beras sampai pengolahan beras  menjadi nasi yang siap dikonsumsi dengan berbagai macam lauk. Nasi dikonsumsi sehari-hari sebagai bahan utama, bahkan kebanyakan anggapan orang Indonesia selalu merasa belum kenyang jika belum memakan nasi walaupun telah banyak makan karbohidrat sekalipun. Bahan makanan pokok masyarakat Indonesia saat masih berwujud tanaman bernama padi. Tanaman ini tumbuh di sawah dengan berbagai tahapan pengolahan yang tidak mudah. Adapun beberapa tahapan pengolahan padi ialah sebagai berikut

Tahapan  Pengolahan Padi Menjadi Beras

Tahapan Pengolahan Padi Menjadi Nasi

1. Tahapan pertama yang dilakukan yakni pemilihan bibit padi yang berkualitas. Terdapat beberapa jenis padi yang bisa ditanam disesuaikan dengan jenis lahan ataupun kebutuhan Anda. Seperti misalnya jenis padi tanah kering atau padi gogo dan berbagai ragam padi seperti nasi ataupun ketan.

2. Setelah mendapatkan benih yang berkualitas, maka langkah selanjutnya yakni melakukan persemaian selama 25 hari sebelum benar-benar di tanam di sawah. Sementara itu, dilakukan pula pengolahan lahan yang menjadi media tanam padi dari tanah yang semula gembur menjadi berlumpur.

3. Ketika lahan telah disiapkan, maka proses penanaman bisa dimulai. Proses penanaman padi pada umumnya dilakukan hampir serentak di seluruh daerah karena hal ini bisa dikatakan mempunyai masa atau musim tersendiri. Begitu pula dengan masa pengolahan padi lainnya sampai dengan panen.

4. Dalam proses perawatan tanaman dilakukan berbagai proses seperti penyiangan, pengairan, pengendalian hama hingga pemupukan. Dua hal terakhir dalam proses perawatan ini menjadi tolok ukur keberhasilan panen padi kelak karena penggunaan pupuk yang terlalu banyak juga tidak baik. Sama halnya dengan penggunaan berbagai macam obat dan pestisida pengusir hama yang tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan agar kualitas dan hasil panen padi tidak berkurang.

5. Selama kurang lebih 95 hari padi siap dipanen, hal ini ditandai dengan warnanya yang mulai mengunging disertai bulirnya yang mulai memadat dan menyusut kelembapannya. Tahapan panen ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni srcara manual  dengan sabit atau menggunakan mesin penggiling padi. Setelah dipanen, gabah dipisahkan dengan tanaman padi dengan cara dipukul-pukul atau menggunakan mesin lalu dijemur sebelum sekam padi dipisahkan dengan biji padi menggunakan mesin penggiling. Seusai proses penggilingan selesai maka biji beras sudah mulai terlihat sehingga namanya bukan padi lagi. Sampai pada tahapan ini warna beras masih agak kemerahan atau coklat sehingga perlu dilakukan satu tahapan lagi yakni pemisahan beras dengan sekam yang masih menempel. Sekam yang menempel ini biasanya dijadikan sebagai bekatul atau pakan ayam. Selebihnya mengenai proses pemutihan beras juga kerap dilakukan dalam berbagai industri pengolahan padi menggunakan bubuk glukosa, bubuk talk dan sejenisnya.

Itulah 5 tahapan pengolahan padi menjadi beras yang nantinya dapat diolah kembali menjadi beraneka ragam makanan berbahan nasi. Berbicara mengenai tahapan padi menjadi beras, maka tidak lengkap jika tidak membahas tentang tahapan pengolahan beras menjadi nasi yang siap dikonsumsi. Berikut di bawah ini ialah ulasan singkatnya

Tahapan Pengolahan Beras Menjadi Nasi Siap Konsumsi

pengolahan padi

Setelah semua tahapan pengolahan padi berhasil dilakukan, maka sebutan padi berubah menjadi beras. Sama halnya dengan pengolahan beras yang nantinya akan berubah menjadi nasi. Beras yang telah selesai diolah didistribusikan ke pedagang eceran, grosir, pasar tradisional ataupun pasar modern. Terlebih jika jumlah panen besar, maka bisa jadi beras akan langsung masuk ke Bulog. Berawal dari beras, makanan pokok masyarakat Indonesi atau nasi bisa dibuat. Langkah pertama yang dilakukan yakni memisahkan beras dengan kotoran yang ada, akan tetapi jika beras tersebut sudah bersih dari kotoran maka lanjut pada tahapan selanjutnya yakni mencucinya sampai bersih atau air cucian tidak lagi berwarna putih. Setelah itu, tiba saatnya proses memasak yang bisa dikakukan dengan berbagai macam cara seperti misalnya menanak nasi menggunakan rice cooker ataupun menanak nasi secara tradisional menggunakan dandang, panci dan kukusan.

Cara menanak nasi secara tradisional bisa dilakukan dengan cara memasak nasi bersama air sampai setengah matang. Setelah itu baru dimasak di dalam kukusan yang berada di atas dandang yang telah terisi sedikit air. Sedangkan cara menanak nasi modern menggunakan rice cooker cukup mudah dilakukan karena kunci utamanya terletak pada takaran air yang digunakan. Setelah beras dicuci bersih dan diberi air sesuai takaran maka rice cooker akan memberikan tanda jika beras tersebut sudah matang. Dalam hal ini, Anda harus memastikan aliran listrik tetap terjaga atau jangan sampai putus di tengah jalan saat menanak nasi.

Banyaknya tahapan pengolahan padi menjadi nasi di atas dapat menunjukkan betapa panjangnya pengolahan padi yang dilakukan oleh petani sampai menjadi nasi yang kita konsumsi sehari-hari.